Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek
Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air, dan moderasi dalam beragama.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis
Siswa mampu mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking)
Siswa mampu membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis adalah ajaran agama
Siswa mampu membiasakan sikap rasa ingin tahu dan berfikir kritis
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tujuan Kegiatan:
Peserta didik mampu membaca, menulis, memahami arti perkata, serta menganalisis hukum tajwid pada Surat Ali Imran ayat 190–191 dengan benar.
Persiapan
- Baca Surat Ali Imran ayat 190–191.
- Siapkan buku tulis dan alat tulis.
Menulis Ayat
- Tuliskan teks Arab lengkap Surat Ali Imran ayat 190–191 di buku tulis Anda, sesuai kaidah penulisan Al-Qur’an
- Perhatikan kerapian penulisan huruf dan tanda baca (harakat).
Menulis Terjemahan Per Kata
- Di bawah setiap kata Arab yang telah ditulis, tuliskan arti per katanya sesuai contoh diatas
Analisis Hukum Tajwid (minimal 8 hukum tajwid)
- Teliti setiap kata dan potongan ayat, lalu tuliskan analisis hukum tajwidnya.
- Format analisis:
*Potongan Ayat: tulis bagian ayat yang mengandung hukum tajwid (contoh: "إِنَّ فِي")
*Jenis Hukum Tajwid: tulis nama hukumnya (contoh: Idgham Bighunnah)
*Alasan: jelaskan mengapa potongan ayat tersebut mengandung hukum tajwid tersebut (contoh: Nun Sukun bertemu huruf Ya)
*Cara Membaca: tulis cara bacanya (contoh: dibaca mendengung selama 2 harakat)
Contoh penulisan analisis:
Potongan Ayat : إِنَّ فِي
Hukum Tajwid : Idgham Bighunnah
Alasan : Nun Sukun bertemu huruf Ya
Cara Membaca : Dibaca mendengung 2 harakat
Pemeriksaan
- Pastikan seluruh ayat sudah ditulis dengan benar.
- Periksa kembali arti perkata agar tidak salah terjemah.
- Pastikan semua hukum tajwid yang ditemukan sudah dijelaskan alasannya.
Pengumpulan Tugas
- Foto hasil tulisan Anda dengan jelas.
- Unggah foto tersebut ke kolom pengumpulan tugas di bawah ini
- Pastikan foto tidak buram dan seluruh tulisan terbaca.
Upload bisa dalam bentuk gambar atau pdf
Upload bisa dalam bentuk gambar atau pdf